Mon. Oct 3rd, 2022
cara mendidik anak disiplin

Setiap orang tua pasti menginginkan mempunyai anak yang disiplin. Tentunya untuk mencapai keinginan tersebut, setiap orang tua wajib menerapkan cara mendidik anak disiplin dengan tepat. Penerapan cara ini akan sangat berguna hingga anak dewasa.

Inilah Cara Tepat Mendidik Anak Disiplin

Meskipun setiap orang menginginkan anak disiplin, tapi sebagian banyak dari mereka tidak memahami bagaimana cara mendidik anak dengan benar. Jika ingin anak disiplin sejak dini, terapan beberapa cara berikut ini.

  1. Buat Rutinitas Harian

Cara paling mudah untuk menerapkan anak agar disiplin yaitu membuat daftar rutinitas harian. Tanpa disadari cara sederhana ini membuat anak mudah untuk mengikuti peraturan yang ada. Bahkan, mereka akan merasa tidak nyaman jika tidak melakukannya.

Misalnya saja membuat rutinitas harian mulai bangun tidur membersihkan kamar tidur, berangkat sekolah, istirahat, waktu bermain, waktu mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Sebagai awal, mungkin anak-anak masih perlu dipaksa, tapi lama-kelamaan akan terbiasa.

  1. Selalu Konsisten

Selalu konsisten menjadi salah satu cara mendidik anak disiplin. Dengan kata lain, jangan menuruti apapun yang anak inginkan. Intinya sesuaikan dengan rutinitas harian yang sudah dibuat. Sekalipun anak merengek dan tidak ingin melakukannya, tetap konsisten menerapkannya.

Tetap instruksikan Setiap aturan yang ada kepada anak agar mereka terbiasa dengan kebiasaan tersebut. Mengingat apapun akan menjadi kebiasaan jika sering dilakukan, berlaku juga untuk kebalikannya.

  1. Jangan Terlalu Keras

Meskipun anda sudah membuat daftar rutinitas dan berusaha untuk konsisten, tapi jangan sampai terlalu keras. Mengingat, jika anak diperlakukan dengan keras akan merasa tertekan dan justru benci dengan orang tuanya sendiri.

Upaya untuk menghindari bersikap kasar kepada anak bisa dilakukan dengan menjelaskan apa pentingnya melakukan rutinitas tersebut. Usahakan juga untuk menjelaskan dengan bahasa yang baik dan lembut.

Mendidik anak menjadi lebih disiplin sebenarnya sangat mudah dilakukan. Namun, pada dasarnya untuk memulainya memang tidak semudah yang dibayangkan, tapi jika sudah terbiasa tentu akan lebih mudah dan pastikan menerapkan beberapa cara tersebut sejak dini.

 

admin

By admin