Fri. May 17th, 2024
Sumber : https://pixabay.com/id/photos/pertemuan-tempat-kerja-tim-kantor-5395615/

Merasa bingung untuk mengikuti meeting karena baru saja bergabung dengan perusahaan? Apalagi rapat kali ini menggunakan salah satu tempat meeting di Jakarta terbaik dan premium. Vibes mewah itu akan membuat Anda grogi kalau tidak mempelajari etika saat meeting.

Tempat meeting yang satu ini bukan gedung biasa. Mengusung desain mewah, membuat tempat ini semakin nyaman digunakan untuk beberapa kebutuhan. Mulai dari rapat, pernikahan, pertemuan bisnis, acara bisnis, dan lain sebagainya.

5 Etika Saat Meeting, Karyawan Baru Wajib Tahu

Etika meeting merupakan sikap yang harus Anda lakukan ketika rapat dengan atasan ataupun divisi. Sebagai karyawan baru, Anda harus memahami bahwa ada etika khusus yang harus dilakukan. Simak etika ketika meeting di bawah ini!

1. Tidak Boleh Terlambat

Etika saat meeting yang pertama adalah tidak boleh terlambat. Ketepatan kehadiran merupakan bentuk profesionalisme Anda kepada seluruh peserta meeting. Tidak hanya atasan, namun juga rekan kerja.

Setidaknya, hadirlah 15 menit sebelum rapat dimulai. Hal tersebut tidak akan membuat Anda terburu-buru dalam menyiapkan diri. Jika ada satu kepentingan mendesak dan mengharuskan Anda telat, minta maaf dan jelaskan secara detail.

2. Menyesuaikan Posisi Kursi

Posisi kursi atau tempat duduk Anda juga perlu diperhatikan. Saat meeting berlangsung, usahakan untuk duduk sesuai dengan peserta lainnya. Jangan terlalu tinggi, jangan pula terlalu rendah.

Sikap ini menunjukkan rasa hormat dan kesetaraan terhadap seluruh peserta rapat. Selain itu, tempat duduk dengan posisi ini juga akan membuat Anda merasa nyaman selama mengikuti rapat yang berlangsung.

3. Mematuhi Dress Code

Biasanya, setiap meeting akan ada aturan berpakaian. Aturan ini harus Anda perhatikan. Jangan sampai salah menggunakan pakaian karena itu menunjukkan bahwa Anda tidak menghargai aturan perusahaan.

Etika saat meeting ini bisa menjadi nilai plus untuk Anda di depan seluruh rekan kerja. Hindari berpakaian yang terlalu santai, mencolok, atau terbuka. Gunakan pakaian yang profesional, rapi, dan sopan.

4. Fokus dan Mendengarkan

Mungkin Anda masih baru. Belum terlalu memahami topik pembahasan selama rapat. Akan tetapi, patuhi etika saat rapat yang satu ini. Tetap fokus dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara.

Jangan mengalihkan perhatian ke gadget, makanan, atau bahkan memancing obrolan dengan karyawan lainnya. Catat poin-poin pentingnya dan sampaikan ide Anda, kalau memang dibutuhkan. Cara ini bisa menjadi pembelajaran positif untuk Anda kedepannya.

5. Mengikuti Agenda yang Ada

Etika saat rapat yang terakhir adalah mengikuti semua agenda yang ada. Jangan pernah menyimpang dari topik. Jika ada sesuatu hal yang ingin Anda tanyakan, pastikan pertanyaan tersebut masih ada di lingkup pembicaraan.

Tunggu sesi Anda untuk berbicara. Jangan pernah memotong atau menganggu pembicaraan orang lain. Selain tidak sopan, Anda akan dipandang tidak memiliki attitude yang baik.

Sudah Pahamkah Anda dengan Etika Saat Meeting di Atas?

Itulah 5 etika saat meeting yang bisa Anda ikuti. Rapat akan lebih terasa nyaman, jika perusahaan Anda menyewa tempat meeting di Jakarta dari Menara Danareksa. Fasilitasnya yang lengkap dengan pelayanan terbaik, bisa memberikan pengalaman tersendiri untuk rapat perusahaan. Yuk, gunakan tempat meeting yang nyaman!

 

 

 

 

By admin