Fri. Jul 19th, 2024
Sumber : https://media.istockphoto.com/id/1136971353/id/foto/pilih-aku.jpg?s=612x612&w=0&k=20&c=pB9DpcvAFsklFq3q7--NCgaBZpEUAjh9u3Bj0Wb_cGE=

Sekolah bukan hanya sebagai tempat untuk menimba ilmu. melainkan juga mengajarkan bagaimana cara agar anak percaya diri di sekolah. Seperti halnya ketika anak bergabung dengan Highscope International School in Medan. Sekolah ini mengajarkan bagaimana menumbuhkan self-confidence.

Anak mampu mengeksplorasi potensi yang ada pada dirinya. Banyak kegiatan baik indoor maupun outdoor yang berfokus pada peran aktif siswa. Berbagai fasilitas sudah disediakan untuk mendukung aktivitas siswa sehingga mereka menjadi pribadi yang aktif dengan self-confidence yang baik.

Begini Cara Agar Anak Percaya Diri di Sekolah

Berikut beberapa cara efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di sekolah.

1. Berikan Motivasi

Daripada memberi janji untuk memberikan hadiah, akan lebih baik Anda memotivasinya dalam bentuk lain. Motivasi yang membuat anak mau berusaha untuk mendapatkan keinginan atau kebutuhannya.

Contoh motivasi yang Anda berikan bisa bermacam-macam. Misalnya “Kalau nanti kamu ingin jadi dokter, kamu harus rajin belajar dan jangan lupa berdoa“. Bukan seperti “Kalau kamu nanti jadi dokter, ayah akan membelikan mobil“.

2. Tunjukkan Rasa Bangga Anda Sebagai Orang Tuanya

Sebagai orang tua, Anda wajib menunjukkan bahwa Anda bangga terhadapnya. Coba Anda luangkan waktu berdua dan mulai melakukan aktivitas yang disukai serta biarkan buah hati Anda memimpin.

Rasa bangga bisa Anda tunjukkan melalui ucapan. Ini bertujuan agar anak merasa aman dan nyaman. Cara tersebut juga mampu menumbuhkan rasa percaya dirinya.

3. Berikan Pujian

Cara agar anak percaya diri di sekolah bisa juga dengan memberikan pujian padanya. Anak-anak pastinya sangat senang ketika mendapatkan pujian dari orang tua maupun gurunya di sekolah.

Pujian tersebut bisa Anda lakukan hanya dengan mengucapkan “bagus“, “kerja bagus“, “pintar“, dan lain-lain.  Anak merasa pencapaiannya dihargai dan memang layak merayakannya. Rasa percaya dirinya pun perlahan akan tumbuh dan terus meningkat.

4. Biarkan Dia Menyelesaikan Rintangan Sendiri

Sebenarnya hal wajar ketika Anda sebagai orang tua ingin mencegah anak agar tidak terluka, membuat kesalahan, atau mengalami putus asa. Akan tetapi, berikan kesempatan padanya untuk menyelesaikan rintangannya sendiri.

Bagaimana jika hasilnya tidak sesuai harapan? Anda berikan pengertian terhadap anak bahwa tidak masalah ketika mengalami kegagalan. Bahkan merasa sedih, marah, maupun cemas, merupakan hal yang normal.

Kemudian berikan semangat pada anak Anda agar tidak mudah menyerah. Cara ini bukan hanya menumbuhkan self-confidence melainkan dia akan tumbuh menjadi pribadi yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah.

Sudah Tahu Cara Agar Anak Percaya Diri di Sekolah?

Meningkatkan self-confidence pada anak sangatlah penting. Hal ini akan membantu anak untuk meraih apa yang menjadi keinginannya. Itulah mengapa Highscope International School in Medan bukan sekadar tempat mencari ilmu.

Sekolah bertaraf internasional ini memiliki serangkaian kegiatan dan strategi efektif untuk meningkatkan self-confidence anak. Dengan bersekolah di sini, anak Anda akan tumbuh menjadi pribadi yang rajin, disiplin, percaya diri, dan pantang menyerah.

 

 

 

By admin