Mon. Jan 30th, 2023

Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja memang cukup mengkhawatirkan. Kuranganya pengawasan keluarga serta buruknya lingkungan turut andil dalam peredaran narkoba di kalangan remaja.

Maka dari itu, diperlukan cara cara tertentu sebagai bentuk penanganan dan juga pencegahan terhadap penggunaan narkoba di kalangan remaja.

Pencegahan Narkoba di Kalangan Remaja

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk pencegahan narkoba pada kalangan remaja. Diantaranya adalah:

Pengawasan Orang Tua

Orang tua harus bisa berfungsi sebagai pengawas pada anak-anaknya. Ia harus memperhatikan tingkah laku dan gerak gerik yang mencurigakan dari seorang anak.

Dalam titik tertentu, orang tua bisa membatasi pergaulan anak jika dirasa lingkungan pertemanannya kurang baik. Namun, hal tersebut tentu saja perlu dilakukan dengan lemah lembut agar anak tidak berontak.

Pengawasan Lingkungan

Lingkungan yang buruk, bisa juga menjadi sarang tempat penggunaan narkoba. Maka dari itu, sebagai warga yang baik, ada baiknya warga melakukan keamanan tertentu yang dilakukan secara rutin.

Dengan seperti itu, selain menjaga keamanan lingkungan dari maling dan sejenisnya. Warga bisa juga menjaga lingkungan dari adanya pengaruh bahaya penggunaan narkoba di kalangan remaja.

Pendekatan

Sebagai orang tua atau orang orang yang lebih senior di lingkungan, sudah seharusnya untuk menjaga kedekatan dengan para remaja.

Hal ini dilakukan untuk menjaga ikatan batin antara senior dan yunior. Pada titik tertentu tentu saja ini akan berefek positif dalam hal penularan ilmu, nasihat untuk menghindari hal-hal yang buruk, misalnya seperti narkoba.

Jangan Jauhi Pengguna Narkoba

Stigma di masyarakat, pengguna narkoba itu perlu dijauhi atau jangan didekati. Hal ini lumrah karena mungkin mereka ingin menjaga keluarganya dari pengaruh benda haram tersebut.

Namun, di sisi lain, pengguna narkoba sebetulnya perlu pendekatan, kasih sayang dan merasa dipedulikan oleh orang-orang di sekitarnya.

Maka dari itu, jika memungkinkan, tidak ada salahnya anda mendekati pengguna narkoba agar ia mau berubah dan beralih ke kehidupan yang lebih baik.

Anda bisa menyarankan pengguna untuk melakukan Rehabilitasi, misalnya di Ashefa Griya Pusaka ataupun tempat tempat lainnya agar ia bisa keluar dari jerat barang berbahaya tersebut.

 

By admin