Thu. Sep 21st, 2023
BBM Solar

Ada dua produk solar yang terkenal di Indonesia, yaitu Pertamina Dex dan BP Diesel. Bagi yang sering membeli bahan bakar satu ini, jangan sampai terkecoh bahwa keduanya merupakan produk diesel dengan kualitas dan harga berbeda.

BP Diesel adalah produk SPBU Swasta yang bernama British Petroleum (BP). Mengingat kedua jenis bahan bakar mempunyai bidang pengg8unaan yang sama, ada baiknya mengenali perbedaan yang signifikan dari BP Diesel dan Pertamina Dex. Berikut pembahasannya!

 

Apa Itu Bahan Bakar Solar (Diesel)?

Sama seperti bahan bakar lainnya, solar atau diesel merupakan bahan bakar yang berasal dari pengolahan minyak bumi. Prosesnya berlangsung dengan memisahkan minyak mentah melalui destilasi sehingga menghasilkan solar yang mempunyai titik didih hingga 300 derajat celsius.

Kualitas solar juga dapat dinilai dari bilangan cetane. Apa itu bilangan cetane? Pada dasarnya, bilangan tersebut yang menunjukkan seberapa baik performa minyak terhadap mesin. Semakin tinggi besaran cetane, semakin baik pula performa kendaraan nantinya.

 

Karakteristik BBM Solar

Solar tentu mempunyai karakteristik khusus yang membedakannya dari bahan bakar lainnya. Inilah beberapa karakteristik solar yang harus diperhatikan:

  • Kandungan sulfur lebih tinggi dibandingkan kerosin dan bensin.
  • Memproduksi panas yang tinggi sampai 10.500 kcal/kg.
  • Mempunyai titik didih pada hingga 300 derajat celsius.
  • Mengeluarkan bau yang khas.
  • Tidak berwarna atau sedikit kekuningan.
  • Tidak terjadi penguapan pada temperatur normal.
  • Titik nyala (flash point) berada pada rentang 40-100 derajat celsius.

 

Perbedaan BP Diesel dengan Pertamina Dex

Selain dimiliki oleh SPBU berbeda, Pertamina Dex dan BP Diesel mempunyai karakteristik yang tidak sama, baik itu dari segi harga, kandungan bahan hingga cetane number. Mana yang lebih baik? Lihat perbandingannya di bawah ini:

1.     Formulasi

Pertamina Dex mempunyai formulasi khusus yang terdiri dari perpaduan bahan bakar murni (diesel duel) dan bahan aditif untuk melindungi performa mesin kendaraan. Kandungan sulfur yang rendah pada Pertamina Dex juga mempunyai fungsi untuk membersihkan mesin dan mencegah karat.

Sedangkan BP Diesel dirancang dengan formula Active Technology, yaitu formula dengan kemampuan menjaga dan melindungi mesin secara optimal. Perlindungan bisa terbentuk ketika molekul di dalam bahan bakar membentuk lapisan pelindung mesin.

 

2.     Cetane Number

Angka cetane menjadi patokan selanjutnya dalam mengukur kualitas bahan bakar. Pertamina Dex mempunyai cetane number sebesar 53 dengan standar Euro 4. Karakteristik ini yang membuatnya efektif dalam menjaga performa mesin diesel.

Di sisi lain, BP Diesel dipilih karena mempunyai kelebihan berupa pembakaran yang bagus dan efisien. Hal itu karena BP Diesel mempunyai titik pembakaran yang lebih baik. Angka cetane dari bahan bakar satu ini yaitu 48.

 

3.     Harga

Bahan bakar Pertamina Dex dijual dengan harga Rp13.700 per liter dan BP Diesel sebesar Rp15.900 per liter.

 

Memang harga BP Diesel sedikit lebih tinggi dibandingkan solar yang ditawarkan oleh Pertamina. Untuk menentukan mana BBM solar terbaik, hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan masing-masing.

 

 

 

By admin