Mon. Jun 27th, 2022

Cara Diet sehat perlu diketahui agar Anda dapat menikmati aktivitas sehari-hari bahkan ketika sedang liburan. Sebenarnya, kata diet berasal dari kata Yunani yang berarti gaya hidup. Jadi, diet tidak selalu berkonotasi dengan mengurangi berat badan tapi tepat dalam menjalani hidup, baik saat liburan atau tidak [1].

Tips Mudah Menentukan Cara Diet Sehat Selama Bepergian

Ketika sedang jalan-jalan, kita kerap melupakan diet kita dan berbagai pantangan yang sudah dijalani. Hal ini bisa berdampak bagi kesehatan, bahkan bisa langsung dirasakan ketika kembali dari liburan. Tapi, tahukah Anda kalau sebenarnya ada cara diet sehat selama liburan yang mudah dilakukan, berikut bahasannya.

1. Siapkan Camilan Sehat

Saat liburan, kamu mungkin tertarik dengan berbagai camilan yang dijajakan di lokasi wisata. Saat seperti ini, kamu perlu mengalihkan perhatianmu dengan cemilan sehat agar tidak kalap.

Sebisa mungkin bawa camilan sehat selama liburan. Pilihan seperti yogurt atau smoothies rendah gula adalah opsi yang lebih sehat dibandingkan gorengan, bolu atau makanan olahan lainnya. Anda dapat memilih buah segar yang alami dan juga menyehatkan.

2. Jalan Kaki

Cara diet sehat dengan jalan kaki adalah pilihan olahraga yang paling pas saat liburan. Anda bisa berjalan-jalan di tepi pantai atau naik gunung. Aktivitas berjalan tersebut bisa dikategorikan sebagai aktivitas yang membakar kalori.

Ini adalah satu jenis olahraga yang perlu tetap Anda lakukan selama bepergian. Selain bisa menyenangkan diri, beraktivitas bersama keluarga, jangan lupa kalau jalan kaki sangat baik untuk kesehatan, khususnya bagi Anda yang sedang berusaha menguruskan badan [2].

  1. Batasi Porsi Makan

Jangan pernah berprinsip ‘mumpung disini dan tidak dapat menemukan makanan khas di lokasi lain’ ketika liburan. Prinsip ini justru akan membuatmu kalap merasa perlu mencoba makanan khas tempat Anda liburan dan merasa tidak ada lagi kesempatan.

Tindakan seperti ini justru berarti Anda secara tidak sadar sedang menimbun banyak kalori di tubuh. Jika memang ingin mencicipi menu makanan, ada baiknya jika kamu memesan satu porsi untuk dimakan beramai-ramai. Namanya juga icip-icip, tidak perlu terlalu banyak.

  1. Hindari Kebiasaan Makan Yang Buruk

Dimanapun tempatnya, junk food memang selalu menggoda. Jenis makanan ini yang kerap dipilih saat liburan karena kepraktisannya. Faktanya, junk food adalah makanan tinggi kalori dan kaya lemak jenuh yang membahayakan tubuh.

Mindful eating juga perlu dilakukan untuk memastikan Anda benar-benar memakan dan tetap mengikuti panduan aturannya. Saat-saat tertentu seperti malam hari adalah waktu yang perlu diperhatikan karena orang kadang melupakan dietnya di saat tersebut [3].

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Selalu bawa air putih kemanapun kamu pergi. Selain untuk menghilangkan dahaga, air putih akan mengurangi keinginan untuk minum minuman tinggi gula. Bukan hanya itu saja, air putih yang kamu bawa juga bisa membantu mengendalikan nafsu makan jika diminum sebelum makan.

  1. Tidur Cukup

Waktu liburan memang sangat berharga. Namun, bukan berarti kamu bisa melupakan waktu tidur. Kamu tetap harus tidur cukup dan terjadwal agar tubuh tetap fit. Tidur dengan porsi yang pas juga membantu memelihara metabolisme tubuh sehingga kalori bisa dibakar sempurna [2].

  1. Tetap Olahraga

Liburan bukan berarti tidak bisa olahraga. Kamu tetap bisa menyempatkan diri berolahraga ringan, seperti jogging di sekitar penginapan. Jika tidak memungkinan, kamu juga bisa senam ringan di kamar, kok! Jalan kaki adalah opsi termudah yang bisa Anda lakukan tapi sebenarnya konsisten berolahraga ketika liburan, termasuk sulit untuk dilakukan [3]

Terbukti masih ada cara diet sehat meski sedang liburan, kan? Jadi, jangan lagi ragu untuk liburan meski sedang diet. Asalkan kamu konsisten dengan diet sehatmu, liburan tidak akan pernah mengganggu timbanganmu!

Jangan Lupa Minum Air Putih yang Cukup

Selama bepergian, Anda tetap menjalani cara hidup sehat yang sudah dijalani sehari-hari. Coba untuk tetap melakukan kebiasaan yang sudah kerap dilakukan. Salah satunya adalah meminum Air putih dari AQUA.

Ini adalah nama yang sudah populer dengan pengalaman bertahun -tahun sebagai pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Oleh karena itu, mengkonsumsi AQUA baik dirumah atau di perjalanan, sama pentingnya. Dan AQUA selalu berusaha menjaga kualitasnya.

 

AQUA memastikan untuk melakukan tiga kebaikan yang memberikan pengaruh baik pada produk, lingkungan dan sekitarnya. Kualitas air minum dan ekosistem sekitarnya dijamin berkualitas terbaik dan sangat diperhatikan agar tidak rusak.

 

Perlindungan AQUA paling utama adalah menghadirkan air minum dalam kemasan yang kaya mineral dan juga sehat. AQUA memiliki kandungan mineral berlimpah seperti kalsium, selenium magnesium, dan natrium yang sangat dibutuhkan tubuh.

 

Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas tiap kemasan AQUA, baik yang botolan atau galon. AQUA mengadopsi teknologi tercanggih untuk memastikan proses pengemasannya berjalan dengan lancar.

 

Tanggung jawab sosial AQUA juga ditunjukkan dengan membuat botol kemasan yang bisa didaur ulang dan berbagai program menjaga lingkungan dari botol yang kerap dilakukan oleh AQUA sesuai agendanya.

 

Terapkan cara hidup sehat dengan minum AQUA dan juga tips-tips yang sudah dibahas di atas. Perbanyak minum air putih selama di perjalanan, agar Anda tidak dehidrasi dan tetap memenuhi kebutuhan mineral dan memberikan energi.

 

Sumber:

  1. https://hellosehat.com/nutrisi/diet/menentukan-cara-diet-yang-tepat/
  2. https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/turun-berat-badan-saat-liburan/
  3. https://www.halodoc.com/artikel/tetap-diet-saat-liburan-tahun-baru-ini-triknya

 

admin

By admin