Sat. Dec 3rd, 2022

Para pecandu narkoba membutuhkan penanganan khusus oleh seorang ahli melalui rehabilitasi yang dilakukan secara terus menerus. Karena umumnya, mereka akan merasa kosong dan kurang puas ketika sudah berhenti mengkonsumsi obat-obatan terlarang tersebut.

Tahapan dalam Program Rehabilitasi

Rehabilitasi adalah sebuah program yang diperuntukan bagi orang-orang tertentu. Hal ini sama terjadi kepada mereka yang memiliki kecanduan terhadap obat-obatan terlarang seperti narkoba. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu tahapan-tahapannya secara tepat!

  1. Tahap Prarehabilitasi

Tahap pertama yang harus dijalani oleh pecandu narkoba adalah prarehabilitasi. Tahapan ini meliputi bimbingan serta penyuluhan kepada pecandu. Di sini, keluarga dan masyarakat juga diikutsertakan agar lebih mengerti bagaimana menangani pecandu narkoba.

Selanjutnya yakni memotivasi pecandu narkoba supaya bisa ikut serta dalam menyusun keberadaan program rehabilitasi tersebut. Kemudian, memberi keyakinan kepada mereka bahwa program tersebut bisa berhasil dan terakhir melakukan pemeriksaan.

  1. Tahap Pelaksanaan Rehabilitasi

Selanjutnya yakni tahap pelaksanaan rehabilitasi. Dikutip dari Tribunnews, tahapan ini meliputi beberapa stage, yakni pecandu narkoba menjalankan program inti dari rehabilitas. Selain itu, mereka juga mendapatkan beberapa layanan , yakni vokasional, rehabilitasi sosial, medis, dan rehabilitasi itu sendiri.

Waktu pelaksanaannya dilakukan secara serempak dalam satu waktu atau periode. Tujuannya adalah agar para pecandu narkoba bisa menyembuhkan dirinya lebih cepat tanpa ada celah bagi mereka untuk terjerumus ke lubang yang sama.

  1. Tahap Pembinaan Hasil Rehabilitasi

Tahap berikutnya yakni pembinaan dari hasil rehabilitasi. Setelah melakukan rehabilitasi di kegiatan ini, para pecandu narkoba tetap dibina agar mereka bisa menjauh dari obat-obatan terlarang tersebut dalam kurun waktu yang berkelanjutan.

Untuk memastikan hal tersebut, akan dilakukan evaluasi apakah para pecandu sudah terbebas dari obat-obatan terlarang itu atau tidak. Selain itu, juga melihat apakah mereka bisa menyesuaikan diri di keluarga, masyarakat, dan juga lingkungannya.

Itu tadi informasi berkaitan dengan program rehabilitasi yang dibutuhkan oleh para pecandu narkoba agar mereka bisa terbebas dari penggunaan obat-obatan tersebut. Sebaiknya kita harus mendorong kelancaran program ini agar mereka dapat kembali berbaur dan menyesuaikan diri di lingkungannya.

 

 

By admin