Wed. Jun 19th, 2024

Drama Korea atau drakor adalah salah satu tontonan yang populer dan banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Tidak hanya karena aktor dan aktris yang rupawan, tapi juga karena cerita yang beragam dan dikemas dengan sangat menarik. Cerita drakor tidak hanya berputar pada percintaan saja, tetapi juga membahas tema yang cukup berat, seperti skandal korupsi. Bentuk korupsi dalam cerita tidak ditunjukkan secara terang-terangan, terkadang ciri-ciri korupsi digambarkan dengan cerita yang sarkas dan penuh misteri, sehingga membuat penonton betah untuk menantikan cerita-cerita berikutnya.

 

Cerita dikemas dengan alur yang menegangkan dan seru dalam setiap skandal korupsi yang dilakukan para tokoh dengan akting yang memukau. Membuat penonton terbawa suasana dan ikut merasakan ketegangan konflik serta intrik yang lebih sering mewarnai. Bagi kamu yang tidak suka cerita-cerita romantis, dan lebih suka cerita yang menantang, drakor dengan cerita skandal seperti ini tidak boleh terlewatkan.

 

Berikut ini 5 rekomendasi drama Korea tentang skandal korupsi, yang wajib untuk ditonton:

 

 

  • Insider (2022)

 

Insider adalah drama Korea tentang korupsi yang tayang pada 8 Juni 2022 lalu. Insider berkisah tentang Kim Yo Han yang menjadi peserta pelatihan peradilan. Ia ikut terseret kasus yang cukup rumit melibatkan seorang jaksa korup dan komplotan mafia perjudian. Drama ini menguak kejahatan seorang jaksa yang tidak pernah tersentuh oleh hukum. Para penjahat yaitu para geng mafia selalu mendapat perlindungan dari seorang jaksa bernama Hong Sang Wook sehingga kejahatan mereka tidak pernah terseret ke jalur hukum. Kim Yo Han yang bertugas untuk membongkar itu semua mendapatkan ancaman dan menjadi sasaran para penjahat. Tetapi itu tidak membuat Kim Yo Han bergeming, ia terus berusaha untuk mendekati kaki tangan target.

 

 

  • Again My Life (2022)

 

Diperankan oleh aktor papan atas Korea, Lee Joon Gi, drama ini telah tayang pada tahun 2022 lalu. Drama yang diangkat dari webtoon ini bercerita tentang usaha jaksa muda dalam menegakkan keadilan. Kim Hee Woo (Lee Joon Gi) adalah jaksa yang selalu menjunjung keadilan tanpa peduli siapa lawannya. Ia menghadapi seorang tokoh politik kuat Cho Tae Seon (Lee Kyoung Young) untuk membuktikan bahwa politisi ini membuat kesalahan.

 

 

  • Bad and Crazy (2021)

 

Drama Korea berjudul Bad and Crazy ini berkisah tentang Soo Yeol (Lee Dong Wook) yang telah menjalani seluruh hidupnya dengan menjadi detektif polisi yang matrealistis. Namun, tiba-tiba ia berbalik 180 derajat untuk menjadi pahlawan keadilan dan berjuang melawan tindakan korupsi yang terjadi di lembaga kepolisian. Seo Yeol akan beradu peran dengan seseorang yang sama gilanya bernama K yang diperankan oleh Wi Ha Joon.

 

 

  • Melancholia (2021)

 

Meskipun sebenarnya drama Melancholia adalah drama dengan genre romantis, namun ada unsur tindakan pemberantasan korupsi yang menambahkan warna pada drama ini, dan membuat drama ini sedikit unik. Berkisah tentang seorang guru bernama Ji Yoon Soo (Im Soo Jung) yang bekerja sebagai guru matematika pada Sekolah Menengah Atas Swasta, Ahseong,  yang bergengsi dan juga menjadi sarang korupsi.

Ji Yoon Soo bertemu dengan Baek Seung Yoo (Lee Do Hyun), seorang siswa bermasalah yang selalu berada di peringkat terbawah kelas yang kini menjadi nomor satu di kelas, berkat pengajaran darinya. Karena interaksi antara keduanya menciptakan desas-desus tentang skandal seksual antara guru dan murid, dan membuatnya dipecat. Kemudian mereka bertemu lagi empat tahun kemudian, dan bertemu sebagai orang dewasa yang kemudian bersama mengungkapkan korupsi di SMA Ahseong.

 

 

  • The Devil Judge (2021)

 

Korupsi pada drama ini digambarkan secara jelas melalui kisah seorang hakim. Kasus korupsi itu menggemparkan berbagai kalangan sehingga membuat hakim terkenal bernama Kang Yo Han mengubah pengadilan menjadi reality show, sehingga bisa disaksikan seluruh masyarakat di penjuru negeri. 

 

Selain skandal korupsi dalam drama, dalam kehidupan sehari-hari kita sering diwarnai oleh tindakan korupsi orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Untuk menghentikan tindakan ini, sebagai generasi penerus bangsa, sebaiknya memiliki sikap anti korupsi. Karena tindakan korupsi merugikan berbagai pihak dan diri kita sendiri nantinya.

 

Maka dari itu, yuk, kenali ciri-ciri korupsi dan pelajari sikap antikorupsi melalui informasi pada website aclc.kpk.go.id.

 

Source:

https://id.theasianparent.com/drama-korea-tentang-korupsi

 

 

 

By admin