Sat. Dec 4th, 2021
oleh oleh khas Malang

Ketika membicarakan soal destinasi wisata di Kota Malang, mayoritas wisatawan akan fokus pada dunia seputaran apel yang merupakan oleh oleh khas Malang atau wisata alam seperti paralayang di ketinggian Kota Batu. Sebab, kedua objek itu adalah hot topic atau daya tarik unggul Kota Malang. Tak heran jika wisata kebun teh seperti di Wonosari masih belum begitu padat dikunjungi turis. Padahal, kebun teh ini bukan hanya menawarkan pengalaman memetik teh, lho.

Memang, apa saja, sih, aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kebun Teh Wonosari? Yuk, cari tahu jawabannya!

  • Memandang Gunung Arjuno dari kejauhan. Kebun Teh Wonosari di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang memang berada di kaki Gunung Arjuno sebelah tenggara. Tidak mengherankan bila mengunjungi dan memetik daun-daun teh di tempat ini akan mempertemukan kamu dengan lanskap gunung tertinggi kedua di Jawa Timur ini. Selain itu, kamu juga bisa merasakan sejuknya hawa khas kaki lereng, lho. Menurut situs Dolandolen.com, suhu udara di kawasan ini berkisar 19-26 derajat celcius, bahkan ketika matahari sedang bersinar terik.
  • Memotret lanskap atau diri di beberapa spot Mau update di akun media sosial kalau kamu pernah atau sedang berkunjung ke kebun teh ini? Gampang, sebab areanya sudah disiapkan oleh pengelola kebun teh. Yap, perkebunan seluas 10 hektare ini juga sudah diberi signage atau rambu petunjuk bertuliskan “Bukit Kuneer Kebun Wonosari”. Spot itu juga dilengkapi dengan hammock yang menggantung di antara dua ranting pohon. Jadi, kamu bisa berpose di atas hammock yang bergantung itu!

Spot hits lain yang sudah disediakan PTPN selaku pengelola adalah jembatan kayu yang membentang di atas tumbuhan perdu the Wonosari. Dengar-dengar, jembatan ini mirip dengan Jembatan Sawah Sukorame yang ada di Yogyakarta, lho. Kamu tinggal berhenti di salah satu sudut jembatan, lalu minta teman atau keluargamu membidik fotomu di situ.

  • Mengikuti tur edukasi di pabrik. Mengingat fungsi utamanya sebagai kebun teh, tentu saja destinasi wisata ini memiliki pabrik teh sendiri yang akan mengolah daun-daun hasil petikan para petani. Beruntungnya, area pabrik tersebut terbuka untuk umum, lho. Kamu bahkan bisa iku wisata edukasi seputaran teh di Pabrik Teh Wonosari. Adapun paket edukasi yang dimaksud adalah pembelajaran tentang keseluruhan proses pengolahan teh; mulai dari pemetikan daun, penyortiran, penguraian, sampai pengemasan ke dalam tea bag lalu kardus teh.

Gimana? Tertarik untuk menikmati Kota Apel, Malang, dengan cara yang sedikit berbeda? Tujuan wisata ini bisa kamu datangi mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore, lho. Sudah begitu, harga tiket masuknya pun relatif murah, yakni hanya Rp8.000 saja untuk hari kerja dan Rp12.000 untuk hari-hari libur. Murah, kan? Tunggu apa lagi? Yuk, segera coba wisata kebun teh di Malang!

 

 

admin

By admin