Fri. Nov 27th, 2020

Hongaria adalah negara yang terkurung daratan di Eropa Tengah. Wilayah Hongaria mencakup area seluas 93.028 km persegi dengan Budapest sebagai ibu kota dan kota terbesarnya. Hongaria berbatasan dengan 7 negara lainnya seperti Austria, Slovakia, Ukraina, Rumania, Serbia, Slovenia, dan Kroasia.

1. Hongaria dulunya merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi, setelah kejatuhannya, orang orang di negara itu pada waktu itu memberikan nama negara mereka Hongaria. 2. Hongaria adalah satu negara tertua di Eropa. Hongaria juga merupakan satu dari 50 negara yang memimpin dunia dalam emisi karbon dioksida industri.

3. Pemerintahan Komunis menjadi menonjol di negara itu setelah Perang Dunia Kedua. Pada akhir 1980 an, negara itu berutang USD 18 miliar, hutang per kapita tertinggi di Eropa. 4. Hongaria bergabung dengan NATO pada 1999 dan UE pada 2004.

5. Ada lebih dari 1.500 spa di Hongaria dengan arsitektur Romawi, Yunani, dan Turki. 6. Hongaria dikenal karena para pemenang Hadiah Nobelnya. Ada total 13 pemenang tersebut.

Mereka telah memenangkan Hadiah Nobel di setiap kategori kecuali 'Perdamaian.' Namun, semua pemenang Hadiah Nobel berhijrah dari negara itu. 7. Hampir 5% dari PDB dihabiskan untuk pendidikan , yang hasilnya adalah tingkat melek huruf mencapai 99%.

Hongaria memiliki sekira 77 lembaga pendidikan tinggi, termasuk 10 universitas dan sembilan sekolah teknik. 8. Hongaria telah memenangkan medali emas di Olimpiade setiap kali mereka berkompetisi. Menurut ukuran populasi, Hongaria tepat di belakang Finlandia dalam penghitungan medali emas terbanyak.

9. Hongaria adalah satu dari tiga puluh tujuan wisata paling populer di dunia. 10. Hongaria telah memiliki universitas sejak 1367, yang merupakan universitas tertua mereka University of Pecs. 11. Mereka menjadi tuan rumah festival budaya dan musik terbesar di Eropa Festival Sziget.

Festival Musim Semi Budapest adalah festival serupa lainnya, yang menarik musisi dan seniman dari seluruh dunia. 12. Ada 22 wilayah anggur yang berbeda dan delapan varietas anggur di Hongaria, itulah sebabnya ia juga bisa disebut sebagai negara anggur. 13. Budapest, ibukota Hongaria, memiliki jumlah mata air panas tertinggi di dunia.

70 juta liter air panas naik ke permukaan bumi setiap hari. Mata air panas ini baik untuk kesehatan dan telah digunakan sebagai pemandian obat sejak zaman Romawi. 14. Parlemen Hungaria di Budapest adalah gedung parlemen terbesar ketiga di dunia dan juga gedung tertinggi di ibu kota.

Itu juga termasuk di antara gedung legislatif tertua di Eropa. 15. Kamu tidak bisa memilih nama anak kamu di Hongaria kecuali disetujui oleh pemerintah. Mereka memiliki daftar nama yang luas, dan jika nama pilihan kamu tidak ada dalam daftar, isi formulir untuk persetujuan dengan Lembaga Penelitian untuk Linguistik dari Akademi Ilmu Pengetahuan Hongaria.

16. Hongaria menjadi republik yang demokratis pada Oktober 1989. 17. Kékes, pada ketinggian 1.014 m (3327 kaki) di Pegunungan Mátra adalah titik tertinggi; dan titik terendah adalah Sungai Tisza, pada ketinggian 78 m (256 kaki) di atas permukaan laut. Danau terbesar adalah Balaton, yang memiliki luas 601 km persegi.

18. Hongaria memiliki satu kereta api metro tertua di dunia, yang berasal dari 1896. 19. Franz Liszt dari Hongaria dianggap sebagai pianis terbesar sepanjang masa. Dia juga seorang komposer, guru piano dan konduktor yang terkenal dan berpengaruh.

20. Johnny Weissmuller, yang dikenal karena bermain Tarzan dalam film tahun 1930 an dan 1940 an, lahir di Hongaria. 21. Albert Szent Györgyi, penemu Vitamin C, juga lahir di Hongaria.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *