Mon. Jan 30th, 2023

Kemudahan yang ditawarkan pembayaran non tunai atau cashless tak dipungkiri telah mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia dalam beraktivitas. Teknologi ini juga ikut berdampak pada inovasi yang diperkenalkan sejumlah layanan publik, salah satunya asuransi kesehatan cashless.

Hanya dengan kartu keanggotaan khusus, Anda bisa mengurus klaim dan membayar tagihan pada saat berobat. Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan pengaturan keuangan selama memakai layanan tersebut, seperti yang dijelaskan berikut ini berdasarkan situs media Kompas dan situs Gaji Gesa:

  • Memahami metode pembayaran cashless

Metode pembayaran cashless tak hanya berfokus pada pengalihan transaksi tunai ke digital. Umumnya, metode ini akan membebankan biaya admin untuk setiap transaksi, sehingga jumlah yang dibayarkan pasti bertambah. Jika tidak mengantisipasi detail tambahan seperti ini, Anda bakal kewalahan sendiri saat mengajukan klaim. Maka dari itu, penting untuk mendiskusikan biaya tambahan bersama perusahaan asuransi sebelum memakai layanan cashless.

  • Pakai pembayaran digital untuk berbagai kebutuhan

Cek sekali lagi setiap layanan yang diberikan apabila Anda mengambil asuransi kesehatan dengan metode cashless. Apa pembayarannya sudah menanggung sejumlah kebutuhan? Atau, justru masih ada keperluan yang harus Anda melunasi secara tunai? Mempelajarinya tentu saja dapat mencegah Anda dari kesalahpahaman dengan perusahaan asuransi. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan biaya yang tidak bisa dibayar dengan sistem cashless.

  • Melacak pos pengeluaran secara berkala

Satu hal yang masih sering dilewatkan sejumlah nasabah dari sistem cashless adalah biaya preminya yang lebih mahal ketimbang sistem reimburse. Jadi, kalau Anda memang butuh produk ini, jangan sampai lupa untuk memperhatikan pos pengeluaran secara berkala. Jika aman dan masih bisa memenuhi kebutuhan lain, Anda bisa langsung pindah ke asuransi cashless. Jangan paksakan kalau belum mampu untuk menjaga pengeluaran agar tidak membengkak.

  • Bijak dan disiplin dalam mengelola penghasilan

Pembayaran cashless yang begitu praktis tak jarang membuat orang-orang lalai. Sebagian diantaranya sampai tak sanggup mengendalikan sifat konsumtifnya hingga membuat pengeluaran membesar. Untuk itu, Anda harus selalu bijak dan disiplin mengelola penghasilan supaya semua kebutuhan terpenuhi. Tak terkecuali asuransi kesehatan yang dijadikan sebagai produk perlindungan dari berbagai risiko.

  • Tetap menabung dengan cara autodebet

Masih punya uang lebih dari penghasilan? Daripada dipakai buat hal-hal yang sifatnya sementara atau cenderung merugikan, gunakan dana tersebut untuk menabung secara autodebet. Selain mudah dan cepat, sistem tersebut akan mencegah Anda menggunakan uang untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Uang tabungan ini juga dapat digunakan untuk hal-hal darurat saat Anda tak bisa mengakses kartu asuransi.

Sekian informasinya. Selamat menikmati fitur cashless dari asuransi!

 

 

By admin