Mon. Oct 3rd, 2022
internet wifi rumah

Sudah pasang internet wifi rumah tapi masih sering lemot? Permasalahan ini tentu harus segera diatasi, mengingat banyaknya kebutuhan akan akses internet demi mendukung aktivitas sehari-hari seperti urusan pekerjaan maupun sekolah anak-anak di masa-masa pasca pandemi ini.

Nah, tahukah kamu, banyak faktor yang dapat menyebabkan jaringan internet wifi di rumah terganggu sehingga membuat koneksi menjadi lebih lambat dari biasanya. Untuk itu, pastikan layanan internet yang kamu gunakan sudah sesuai kebutuhan dan menjangkau seluruh area di rumahmu, ya.

Hal ini karena bisa jadi beberapa ruangan di rumahmu malah tidak dijangkau oleh jaringan internet yang kamu gunakan karena terhalang oleh tembok maupun perangkat lainnya. Untuk mengatasinya, kamu bisa memasang wifi Extender sebagai cara untuk memperkuat jaringan internet. Berikut beberapa hal yang wajib kamu ketahui dari wifi Extender, yuk disimak.

Fungsi dan cara kerja Extender

Beberapa ruangan di rumah, terutama yang terhalang tembok tebal, bisa membuat jaringan internet di rumah melemah bahkan adanya perangkat seperti microwave disinyalir dapat mengganggu sinyal internet. Untuk itu, jika hunianmu memiliki kriteria ruangan di atas, maka bisa dipastikan jaringan internet akan sulit untuk menembus ruangan lainnya.

Tak hanya dari sisi ruangan dan perangkat, permasalahan paket internet yang kamu gunakan serta kapasitas dan jenis router juga menentukan seberapa jauh dan kuat jaringan internet dapat diterima di setiap ruangan. Oleh karena itu, kamu harus memasang wifi Extender karena perangkat satu ini dapat membantu memancarkan jaringan tambahan dengan menyambungkan perangkat Extender dengan wifi router utama sehingga membuat jaringan menjadi semakin kuat.

Perbedaan dengan perangkat lain yang sejenis

Selain Extender, ada juga perangkat lain yang lebih dikenal dengan nama Repeater. Berbeda dengan Extender, Repeater bukanlah bertujuan untuk memperkuat jaringan melainkan menangkap sinyal atau jaringan internet dari router utama menggunakan antenanya kemudian menyiarkan ulang sinyal tersebut ke perangkat user.

Tidak seperti Extender yang tidak mengurangi bandwidth, Repeater cenderung mempengaruhi kecepatan internet sehingga jika digunakan koneksi akan terasa lebih lambat.

Kapan waktu yang tepat untuk pemasangan

Jika kamu tidak memiliki keluhan terkait koneksi internet wifi, khususnya di beberapa ruangan di rumah, maka sebaiknya tidak perlu ada penambahan. Namun, jika memang ada beberapa ruangan yang memiliki koneksi yang buruk, ada baiknya kamu langsung memasang Extender sebagai solusi untuk memperkuat jaringan.

Tapi, sebelum melakukan pemasangan, pastikan router yang kamu gunakan mengizinkan penambahan atau modifikasi Extender, ya.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui dari wifi Extender. Meski dapat membantu memperkuat jaringan di rumahmu, sebaiknya sebelum melakukan pemasangan pastikan terlebih dahulu kebutuhan internet di rumahmu, ya, agar pemasangannya menjadi lebih berguna dan tidak sia-sia.

 

admin

By admin