Mon. Jul 26th, 2021
3R (Reuse, Reduce, Recycle)

Sampah yang menumpuk menjadi perhatian masyarakat dan permasalahan penting yang harus diatasi bersama. Setiap orang berperan untuk menjaga lingkungan, salah satunya dengan menerapkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Apabila masih banyak orang yang tidak peduli terhadap lingkungan, tak menutup kemungkinan 5 atau 10 tahun kedepan bumi semakin rusak dan tidak bersahabat dengan manusia.

3R (Reuse, Reduce, Recycle) menjadi salah satu upaya yang paling mudah dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitar. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan cara 3R tersebut bukan? Reduce artinya mengurangi pemakaian sampah plastik, Reuse artinya menggunakan kembali barang bekas untuk hal lain dan Recycle artinya mendaur ulang.

Cara Menerapkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle)

Banyak orang yang tahu arti 3R (Reuse, Reduce, Recycle), namun hanya sedikit dari mereka yang sudah menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa penyebabnya? Apakah mereka tidak peduli? Atau memang tidak tahu bagaimana cara penerapannya? Kalau begitu, simak cara menerapkan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) untuk mengurangi sampah plastik yang bisa Anda lakukan dengan mudah berikut ini:

  1. Menerapkan Reduce

Dalam upaya 3R (Reuse, Reduce, Recycle), Agar lingkungan yang bersih dan sehat tercipta, maka langkah pertamanya yaitu dengan menerapkan reduce. Anda harus mengurangi penggunaan benda atau hal apapun yang menambah produksi sampah [3]. Meskipun terlihat sepele namun hal ini berdampak besar untuk lingkungan.

Cara menerapkan reduce yaitu dengan menggantikan benda-benda plastik dengan benda yang bisa dipakai berkali-kali. Contohnya, biasakan diri untuk tidak menggunakan kantong plastik dalam berbelanja tetapi menggunakan tas kain atau tote bag atau Anda bisa menggantikan penggunaan tisu dengan kain lap. Cara tersebut sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan?

Penerapan tersebut juga menjadi aksi nyata agar sampah tidak diproduksi dalam jumlah yang besar. Reduce merupakan upaya pencegahan, bukan penanganan sampah ketika sampah tersebut sudah muncul.

  1. Menerapkan Reuse

Dalam upaya menjaga lingkungan dengan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), terdapat reuse yang juga sangat penting dilakukan. Cara menerapkan reuse juga bukanlah hal yang sulit dan tidak membutuhkan tenaga atau biaya yang besar. Justru cara ini bukan hanya melindungi lingkungan, tetapi bisa membuat Anda mengurangi pengeluaran. Bagaimana bisa?

Karena reuse artinya “menggunakan kembali”, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran dengan cara menggunakan kembali barang bekas untuk hal lain. Contoh penerapan reuse yaitu menggunakan kembali botol bekas minuman untuk pot tanaman, menggunakan kembali baju bekas atau yang sudah kecil untuk lap dan lainnya. Contoh reuse yaitu dengan tidak langsung membuang barang bekas yang sebenarnya masih bisa digunakan.

  1. Menerapkan Recycle

Tahapan penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle), selanjutnya terdapat recycle yang artinya daur ulang. Jika reuse langsung menggunakan barang bekas untuk hal lain, maka recycle harus melalui tahapan pendauran ulang untuk membuat kembali barang atau produk baru yang bermanfaat. Sehingga seringkali recycle menciptakan barang yang bernilai ekonomis.

Dalam menerapkan recycle, diperlukan inovasi dan kreativitas untuk mengolah sampah menjadi karya baru berupa kerajinan tangan. Penerapan recycle biasanya melalui proses industri untuk bisa menjadi produk baru yang bermanfaat, Contoh Recycle mengolah sampah kertas untuk dibuatkan kertas kembali [1]. Meskipun hasilnya mengalami penurunan kualitas, namun bisa dimanfaatkan dengan baik.

Bantu Menjaga Lingkungan bersama BIBER #BijakBerplastik AQUA

Cara 3R (Reuse, Reduce, Recycle) harus dilakukan setiap orang secara konsisten dan menyeluruh agar hasilnya bisa dilihat dan dirasakan bersama. Apabila Anda telah menerapkan upaya tersebut dengan baik, Anda bisa mengajak orang-orang sekitar untuk melakukan 3R juga. Atau Anda bisa bergabung ke #BijakBerplastik (BIBER) dari Danone-AQUA.

AQUA merupakan perusahaan yang berkomitmen untuk menjaga lingkungan dan mempelopori upaya dalam mengatasi sampah plastik. Danone-AQUA mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut ke dalam gerakan #BijakBerplastik.

Pasalnya sampah plastik masih menjadi permasalahan penting di Indonesia yang harus diatasi bersama. Di mana sampah tersebut bisa mengalir ke sungai menuju laut dan menimbulkan permasalahan yang lebih besar. Pemerintah Indonesia sendiri menargetkan untuk mengurangi sampah plastik ke laut sebesar 70% di tahun 2025 mendatang. [4]

Danone-AQUA ikut mengambil peran dalam memulai aksi serta program nyata menumbuhkan budaya baru ke masyarakat info agar lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan serta bisa daur ulang sampah. Untuk itu, AQUA mempelopori gerakan baru #BijakBerplastik dan berkolaborasi bersama Mitra dan konsumen AQUA.

Ada tiga hal penting yang dilakukan AQUA yaitu pengumpulan, edukasi dan inovasi. Pada pengumpulan, AQUA berencana mengumpulkan sampah plastik yang lebih banyak dari yang digunakan di lingkungan Indonesia pada tahun 2025.

Pada tahap edukasi, AQUA berencana melakukan kampanye nasional edukasi pada masyarakat Indonesia dalam jumlah besar. Serta pada tahapan inovasi, AQUA berencana untuk membuat seluruh kemasannya bisa didaur ulang 100%

Itulah beberapa hal mengenai cara penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) untuk terus menjaga lingkungan dengan baik. Penerapan 3R tersebut bukanlah hal yang sulit dilakukan, Anda hanya perlu membiasakan diri mengubah hal-hal kecil lebih baik. Anda juga bisa mengikuti gerakan BIBER #BijakBerplastik bersama AQUA.

Referensi:

https://alamendah.org/2010/07/01/3r-reuse-reduce-recycle-sampah/amp/

https://environment-indonesia.com/mengelola-sampah-rumah-tangga-dengan-3r/

https://www.pengadaan.web.id/

https://bijakberplastik.aqua.co.id/publikasi/pengumpulan/danone-aqua-luncurkan-gerakan-bijakberplastik/

admin

By admin