Sun. Sep 19th, 2021
air mineral

Air mineral atau air putih memang salah satu asupan yang tidak boleh terlewatkan dalam tubuh manusia. Bukan hanya sebatas untuk menghilangkan haus saja, lebih dari itu tubuh manusia memang memerlukan cairan agar tubuh tetap bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itulah Anda harus mengonsumsi air yang cukup.

Begitu pula saat berpuasa, meskipun tubuh Anda tidak diberi asupan dalam waktu yang cukup lama. Tetapi konsumsi cairan harus tetap sama seperti biasanya. Nah, sebenarnya apa manfaat dari air mineral saat Anda berpuasa?

7 Manfaat Air Mineral yang Bisa Anda Dapatkan

Setiap asupan yang masuk ke tubuh kita tentu ada manfaatnya, berikut ini beberapa manfaat air bagi tubuh saat puasa.

  1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Meskipun sedang berpuasa, metabolisme tubuh Anda harus tetap terjaga. Salah satunya dengan minum air yang cukup. Kandungan air mineral yaitu magnesium, kalsium, dan natrium dapat membantu mengoptimalkan metabolisme nutrisi yang didapat dari makanan saat sahur dan berbuka [1].

Namun, metabolisme tidak bisa terjaga hanya dari hal tersebut. Selain itu Anda juga harus mengimbangi dengan makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga rutin, dan aktif bergerak.

2. Menyehatkan Pencernaan

Saat berpuasa, tak jarang ada yang mengeluhkan perihal sembelit ataupun maag. Dengan minum air, maka tubuh dapat mempercepat kerja lambung dan usus besar. Selain itu produksi asam empedu dalam mengolah makanan.

Tapi, air saja tidak cukup untuk membantu kesehatan sistem pencernaan. Hal ini bisa diimbangi dengan memakan sayur atau buah – buahan yang kaya akan serat. Agar buang air besar tetap lancar saat berpuasa.

3. Menjaga Energi Tetap dalam Tubuh

Berpuasa memang dapat menyebabkan lemas dan tidak berenergi karena tubuh Anda tidak diberi asupan apapun dalam waktu yang cukup lama. Di sinilah peran air mineral sangat dibutuhkan. Karena tubuh sangat membutuhkan cairan yang cukup agar tetap berenergi.

Maka dari itu walaupun berpuasa, Anda harus tetap menjaga pola asupan cairan yang masuk ke tubuh Anda. Sehingga tetap bisa beraktivitas di tengah – tengah menjalankan puasa.

4. Mencegah Dehidrasi

Manfaat air yang utama yaitu untuk menghilangkan haus. Jadi, apabila Anda tidak mengkonsumsi air yang cukup maka akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Padahal menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh merupakan hal penting. Karena dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh Anda.

Oleh karena itu, saat berbuka atau sahur Anda harus memprioritaskan minum air putih, dibanding minuman seperti teh atau yang lain.

5. Mengurangi Racun dalam Tubuh

Mungkin ada diantara Anda yang suka minum tapi setelah itu juga sering buang air kecil? Nah, salah satu manfaat air dalam tubuh, terlebih air panas yaitu dapat mengurangi racun. Karena saat Anda minum suhu tubuh Anda akan naik dan menyebabkan keringat.

Dari situlah racun dalam tubuh Anda akan mulai berkurang yaitu lewat keringat maupun buang air kecil tersebut. Hal ini biasa disebut detoksifikasi tubuh atau proses pembuangan racun dalam tubuh.

6. Membantu Penurunan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin tetap menjaga berat badan tubuh saat puasa atau justru ingin melakukan diet. Air sangatlah penting untuk dikonsumsi. Perlu Anda ketahui juga bahwa efek dari minum air mineral atau air putih yaitu dapat meningkatkan rasa kenyang dalam tubuh, sehingga hal ini dapat membuat Anda makan tidak terlalu banyak.

AQUA, Membantu Anda Menjalankan Ibadah Puasa

Setelah Anda mengetahui betapa pentingnya peran air mineral saat berpuasa. Penting juga untuk memilih kualitas air yang bagus dikonsumsi tubuh. Air yang berasal dari pegunungan biasanya sudah sangat terjamin kualitasnya, karena mengandung mineral seperti magnesium, natrium, kalsium, silica, zinc [2] dan masih banyak lagi. Hal itu tentu akan memberi manfaat bagi tubuh Anda.

Salah satu air mineral pegunungan terbaik yaitu AQUA. Siapa lagi yang tidak kenal dengan brand air satu ini. AQUA selama lebih dari 48 tahun sebagai pelopor air minum Indonesia. Sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, karena diambil langsung dari mata air pegunungan terpilih.

AQUA memiliki 3 perlindungan yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, melindungi kealamian mineral yang terkandung di dalamnya, dan memproses secara seksama untuk melindungi AQUA. Mereka tidak sebatas mengambil air saja di pegunungan, lebih dari itu mereka ikut melindungi dan merawat ekosistem sekitar demi tetap terjaganya kualitas air.

Mineral yang terkandung dalam AQUA juga merupakan mineral murni. Yang mana didapatkan dari air yang telah disaring dari pasir dan batuan vulkanis. Meskipun berasal dari pasir, tetapi AQUA sangat memperhatikan teknologi yang digunakan saat pengemasan, serta telah lolos 400 uji kelayakan sebelum sampai ke tangan konsumen.

Minimal minum air putih saat puasa yaitu 2 liter. Untuk cara minum 8 gelas saat puasa yaitu 2 gelas air setelah berbuka, 4 gelas air sebelum tidur, dan 2 gelas air setelah sahur. Cara ini akan membantu Anda untuk mengonsumsi air yang cukup. Untuk mendapatan air mineral berkualitas dapat dimulai dengan mengkonsumsi AQUA.

Referensi :

[1] https://www.alodokter.com/memahami-air-mineral-kandungan-dan-bedanya-dengan-air-putih-biasa#:~:text=Air%20mineral%20mengandung%20beragam%20mineral,manfaat%20yang%20baik%20untuk%20tubuh.

[2] https://www.sehataqua.co.id/mengapa-air-putih-sangat-penting-saat-berpuasa/

https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-mengonsumsi-air-putih-yang-cukup-saat-bulan-puasa

https://www.popmama.com/life/health/editor-idn-creative/aqua-ajak-publik-minum-air-mineral-mama-wajib-tahu-ini-manfaatnya-csc/full

https://www.alodokter.com/manfaat-minum-air-mineral-saat-berpuasa

https://www.sehataqua.co.id/manfaat-minum-air-putih-bagi-kesehatan-tubuh/

 

admin

By admin