Fri. Dec 4th, 2020

Gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 H tanpa melakukan mudik. Seperti diketahui lebaran kali ini harus dilalui dengan berbeda bagi seluruh masyarakat Indonesia akibat pandemi corona. Mewabahnya virus corona membuat masyarakat tak bisa melakukan tradisi mudik lebaran seperti yang dijalankan setiap tahun.

Upaya mematuhi larangan mudik lebaran termasuk langkah dalam menekan penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas di Indonesia. Selain itu langkah ini juga untuk mendukung tim medis yang sedang berjuang di garis terdepan melawan pandemi ini. Beckham Putra pun juga turut melakukan langkah serupa dengan tidak melakukan mudik lebaran ke kampung halamannya yang berada di Garut.

Meskipun demikian, tidak mudik bukan berarti membuat suasana kebahagiaan berkurang bagi adik dari Gian Zola ini. Menurutnya situasi pertemuan secara fisik yang biasa dilakukan setiap tahunnya ini hanya ditunda sementara, dan dapat diganti dengan menggunakan fasilitas video call. "Makan Idulfitri dan kebahagiaan tetap dirasakan walau memang berbeda. Seperti tidak mudik dan tidak kumpul kumpul."

"Tetapi masih bisa bersilaturahmi via video call," kata Beckham Putra dikutip dari . Ia menambahkan, silaturahmi melalui daring tak mengurangi makna perayaan Idul Fitri kali ini. Apalagi pandemi virus corona membuat semua memahami alasan tak bisa bertatap muka secara langsung untuk silaturahmi.

Menurut rencana, pemain jebolan Diklat Persib ini hanya berlebaran di rumahnya. Momen lebaran tahun ini pun dimanfaatkannya sebaik mungkin hanya untuk berkumpul bersama keluarga. "Kumpul bersama keluarga saja. Menikmati hidangan khas lebaran. Saya suka ketupat dan opor," ungkapnya.

Beckham Putra sendiri saat ini menjadi andalan Persib Bandung untuk mengarungi seluruh kompetisi yang diikutinya. Jebolan akademi diklat Persib Bandung ini memang tampil mengesankan tiap kali diberi kesempatan. Di usia yang masih muda ia sudah beberapa kali mendapatkan kepercayaan dari Pelatih Robert Alberts.

Dikutip dari laman resmi klub, Beckham Putra Nugraha berharap prestasinya di tingkat yunior akan terus berlanjut di level senior. Ia mengaku siap berkerja keras demi mewujudkan impiannya merebut gelar bersama tim senior. "Harapannya bisa merasakan juara bersama Persib Bandung, jadi lengkap dari yunior dan senior, semoga bisa meraihnya dan tentu harus kerja keras," kata Beckham.

Mengawali karier di usia muda, pemain bernomor punggung 7 ini mulai mengangkat trofi di kancah yunior saat meraih gelar di Piala Haornas bersama Persib Bandung U 15. Saat memperkuat Persib Bandung U 16, Beckham pun merasakan gelar juara Elite Pro Academy (EPA) U 16 pada 2018. Dia lalu membela skuat Persib Bandung U 17 untuk tampil di Piala Soeratin dan sukses merebut trofi juara.

Penampiilannya yang cemerlang di Diklat Persib Bandung membuat Beckham mendapat promosi ke tim Persib Bandung U 19 dan meraih double winner dengan juara EPA U 19 pada 2018. Di usianya yang baru 17 tahun itu, Beckham bahkan kini sudah mampu menembus tim senior. Ia tercatat menjadi pemain kelahiran era milenial (generasi 2000) pertama yang berseragam Persib Bandung.

Bukan sekedar terdaftar pada Liga 1 2019, Beckham pun dipercaya pelatih Robert Alberts untuk tampil di pertandingan resmi. Gelandang kelahiran Kota Kembang itu melakukan debutnya saat menghadapi PS Tira Persikabo pada pertandingan Liga 1 2019.Kala itu, Beckham baru menginjak usia 17 tahun, 7 bulan, dan 19 hari. Beckham setidaknyamempunyai keinginan untuk dapat menyamai prestasi yang pernah dicapai M. Agung Pribadi.

Gelandang asal Bandung itu sukses meraih juara bersama Persib Bandung U 15, Persib Bandung U 17, Persib Bandung U 21 dan merebut juara bersama tim senior Persib Bandung pada Liga Super Indonesia 2014. Beckham Putra Nugraha, memang sudah mencuri banyak perhatian sejak awal debutnya. Adik dari Gian Zola ini, bahkan sudah menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U 23, sejak tahun lalu.

Adapun pada musim Liga 1 2020 ini Beckham Putra baru turut 1 kali berkontribusi setelah Persib Bandung menyapu 3 pertandingan awal yang telah dijalaninya. Rinciannya meraih kemenangan telak 3 0 di partai perdana melawan tim tamu Persela Lamongan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Pada pertandingan ini Wander Luiz memborong dua gol tepatnya pada babak kedua menit 54 dan 70.

Gol pertama Luiz merupakan asisst dari Castillion kemudian gol keduanya dari umpan Fretz Butuan. Selanjutnya di pekan kedua tim besutan coach Robert mampu mempermalukan Arema FC di kandanganya dengan skor tipsi 1 2 di Stadion Kanjuruhan. Laga panas ini berhasil dimenangkan Pangeran Biru melalui gol bunuh diri Syaiful Indracahya bek Arema dan gol penalti dari kaki Wander Luiz.

Kemudian pertandingan pekan 3 ditutup dengan kemenangan 2 1 melawan tim tamu PSS Sleman di Stadion GBLA. Duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion menjadi aktor kemenangan di laga ini sebelum kompetisi dihentikan akibat pandemi corona. Namun tren positif ini harus terhenti lebih dulu setelah seluruh pertandingan di Liga 1 mengalami penundaan.

Seperti diketahui kompetisi sepak bola di Tanah Air baik Liga 1 dan Liga 2 ditangguhkan sementara akibat pandemi corona hingga 29 Mei mendatang. Pertandingan dapat dilanjutkan pada awal Bulan Juli, dengan catatan pemerintah telah mencabut status kondisi darurat.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *