Wed. Sep 23rd, 2020

Berikut materi hingga jawaban soal Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara program Belajar dari Rumah TVRI pada Kamis, 30 April 2020. Pembelajaran tersebut, diperuntukkan untuk murid SD Kelas 4 6. Peserta Belajar dari Rumah akan mempelajari materi Sejarah Kerajaan Tarumanegara.

Setelah materi disampaikan, maka peserta Belajar dari Rumah diberikan pertanyaan untuk dijawab. Lalu, apa saja materi hingga jawaban soal tersebut? Kali ini, peserta Belajar dari Rumah untuk SD Kelas 4 6 mempelajari materi Sejarah Kerajaan Tarumanegara.

1. Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara! 2. Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara! Kerajaan Tarumanegara atau dikenal dengan Kerajaan Taruma merupakan kerjaan Hindu tertua di Nusantara yang didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 SM.

Adanya Kerajaan Taruma bisa diketahui dan dibuktikan dengan adanya tujuh buah prasasti batu yang ditemukan yaitu Lima prasasti ada di Bogor, Satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten. Dari prasasti prasasti tersebut, diketahui kerajaan dipimpin Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 M dan dia memerintah sampai tahun 382 M. Tujuh prasasti tersebut, di antaranya lima prasasti ada di Bogor, satu prasasti ada di Jakarta, dan satu prasasti lagi ada di Lebak Banten.

Berikut prasasti tersebut: Prasasti Kebon Kopi, dibuat sekitar 400 M (H Kern, 1917), ditemukan di perkebunan kopi milik Jonathan Rig, Ciampea, Bogor. Prasasti Tugu, ditemukan di Kampung Batutumbu, Desa Tugu, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sekarang disimpan di museum di Jakarta.

Prasasti Cidanghiyang atau Prasasti Munjul, ditemukan di aliran Sungai Cidanghiyang yang mengalir di Desa Lebak, Kecamatan Munjul, Kabupaten Pandeglang, Banten. Prasasti berisi pujian kepada Raja Purnawarman. Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Bogor

Prasasti Muara Cianten, Ciampea, Bogor Prasasti Jambu, Nanggung, Bogor Prasasti Pasir Awi, Citeureup, Bogor

Materi PAUD dan sederajat Jalan Sesama:Terbang Tinggi Materi SD Kelas 1 3 dan sederajat

Khan Academy: Hari, Bulan, dan Jam Materi SD Kelas 4 6 dan sederajat Sejarah Kerajaan Tarumanegara

Materi SMP dan sederajat Mat Mantul: Bangun Ruang Sisi Lengkung Materi SMA dan sederajat

Matematika: Persamaan dan Fungsi Kuadrat Materi Keluarga Indonesia: Parenting Melindungi Anak Bullying dan Kekerasan

Film Nasional Guru Dian 'Serumpun Pagi Dihembus Angin' Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *