Sun. Sep 20th, 2020

Inilah jawaban dari 3 soal di materi untuk SMP program Belajar dari Rumah, Jumat (8/5/2020). Siswa SMP kembali belajar dari rumah dengan materi Taman Nasional Betung Kerihun. Mereka akan diminta untuk menjawab tiga pertanyaan.

Salah satunya mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai? 1. Hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Setujukah kamu? Berikan pendapatmu! Jawaban:

Saya setuju hutan tropis Kalimantan memiliki keragaman hayati yang besar. Sebab Kalimantan merupakan pulau di Indonesia yang memiliki banyak aneka flora dan fauna yang beragam. Di antara flora dan fauna itu ada banyak yang termasuk langka dan unik.

2. Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, apa yang akan terjadi dengan ekosistem di sekelilingnya? Jawaban: Jika pepohonan dengan diameter besar habis ditebang atau terbakar, maka akan memengaruhi keseimbangan ekosistem di sekelilingnya.

Tanah akan kehilangan kekuatannya sehingga bila hujan lebat turun, maka akan terjadi banjir dan longsor. Selain itu, flora dan fauna lain akan kehilangan habitat asli dan sumber makanan, sehingga lambat laun mereka akan punah. Pohon juga menjadi penyumbang oksigen bagi penyerap karbondioksida.

Bila pohon pohon ditebang, maka suhu udara di sekitarnya menjadi panas karena kekurangan oksigen. 3. Mengapa penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai? Jawaban:

Penduduk banyak yang tinggal di bantaran sungai karena sungai adalah sumber kehidupan bagi mereka. Sungai adalah tempat manusia bisa mencari sumber makanan seperti ikan dan kerang. Sungai juga menyediakan air yang melimpah.

Kawasan lembah sungai juga menawarkan kesuburan tanah sehingga beragam tanaman mudah dijumpai. Selain itu, pada masa bercocok tanam, air juga dijadikan sebagai sarana irigasi dan transportasi. Sehingga hidup di dekat sungai adalah salah satu pilihan terbaik.

Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak. Berikut daftar link live streaming untuk menonton Belajar dari Rumah di TVRI: 1. Pukul 08.00 08.30 WIB

Materi PAUD & Sederajat Main Musik Yuk 2. Pukul 08.30 09.00 WIB

Materi SD Kelas 1 3 dan Sederajat Sahabat Pelangi: Kabar Kabur 3. Pukul 09.00 09.30 WIB

Materi SD Kelas 4 6 dan Sederajat Gemar Matematika: Faktor dan Kelipatan Bilangan 4. Pukul 09.30 10.00 WIB

Taman Nasional Betung Kerihun 5. Pukul 10.00 10.30 WIB Materi SMA & Sederajat

Astronomi 6. Pukul 10.30 11.00 WIB Keluarga Indonesia: Parenting

Stres pada Anak dengan Anak Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *