Fri. Jul 8th, 2022

Gantilah oli secara rutin kalau mau kendaraanmu berfungsi dengan baik! Sepertinya semboyan ini sudah tidak asing lagi bagi para pemiliki kendaraan pribadi. Kalaupun kamu memang tidak memiliki cukup waktu untuk membawa kendaraanmu ke servis terdekat, kamu masih bisa melakukannya secara mandiri.

Sebenarnya, proses penggantian oli ini memakan waktu yang cukup singkat, tidak sampai 10 menit bahkan. Siapkan beberapa alat ini jika kamu memang berniat mengganti oli sendiri secara rutin di rumah secara berkala. Apa saja? Mulai buat list dan kumpulkan beberapa alat ini di garasi rumahmu!

 

Persiapan Alat

Berikut ini adalah beberapa alat yang harus kamu siapkan sebelum memulai proses pergantian oli.

  1. Oli yang baru. Pastikan oli ini memiliki spesifikasi yang dibutukan oleh kendaraanmu.
  2. Corong oli. Alat ini akan membantumu untuk memasukkan oli baru pada kendaraan melalui lubang atas yang telah disediakan.
  3. Kunci ring. Berfungsi untuk membuka baut oli. Tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan jenis kendaraanmu. Misalnya, untuk ukuran kendaraan dengan jenis motor matic, kamu bisa menggunakan kunci ring yang berukuran 12 sampai dengan 17.
  4. Baskom atau wadah lain untuk menampung oli bekas pakai. Oli yang sudah digunakan biasanya memiliki warna yang hitam pekat. Sehingga tentunya akan sangat susah untuk dibersihkan jika tidak ditampung dengan baik. Usahakan untuk tinggi wadahnya disesuaikan dengan tinggi lubang pembuangan oli bekas pada mesin kendaraanmu.

 

Tips Mengganti Oli yang Benar

Setelah mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan, maka kamu bisa memulai untuk mengganti oli kendaraanmu. Oh ya, beberapa saran berikut akan membantumu untuk ganti oli dengan tepat.

  1. Ganti Ketika Mesin Hangat

Sebaiknya kamu memanaskan kendaraanmu sebentar sebelumnya. Kamu bisa menghidupkan kendaraanmu pelan-pelan. Tidak usah terlalu lama, cukup 3-5 menit. Setelah itu, matikan. Biarkan sejenak untuk menurunkan suhu kendaraan jika terlalu panas. Pasang standar tengah, dan proses ganti oli siap untuk segera dilaksanakan.

 

Mengapa sebaiknya dilakukan dalam kondisi kendaraan sedikit hangat? Karena ini akan mengencerkan oli yang mungkin sudah terlalu kental. Selain itu, tindakan ini juga membuat sisa endapan bisa ikut keluar bersama oli bekas pakai, sehingga mesin kendaraanmu menjadi lebih bersih.

 

  1. Memeriksa Filter Oli

Ada baiknya juga kalau kamu juga mengecek kelayakan alat penyaring atau komponen filter oli pada kendaraanmu. Jika kondisinya memang sudah tidak layak atau terdapat kerusakan di bagian ini, maka sebaiknya gantilah dengan komponen filter yang baru. Sehingga oli kendaraanmu akan terpakai dengan performa yang lebih maksimal.

 

Demikianlah beberapa peralatan yang butuh untuk kamu siapkan jika berkeinginan untuk mengganti sendiri oli kendaraanmu. Alat-alat ini juga bisa dengan mudah kamu temukan di toko otomotif terdekat. Untuk tutorial yang lebih detail, selanjutnya dapat kamu simak pada tautan berikut ini https://ilti.idemitsu.com/id/cara-mudah-ganti-oli-motor-dan-mobil-yuk-coba-sendiri-di-rumah

 

 

 

admin

By admin