UPDATE Kasus Corona di Bali, Jumat 3 April 2020: 27 Kasus Positif, 2 Meninggal, 10 Sembuh

Kasus virus corona (Covid 19) di Provinsi Bali tercatat sejumlah 27 kasus positif, Jumat (3/4/2020). Hal ini menunjukkan tidak ada penambahan kasus corona dari hari sebelumnya. Sementara ini tidak ada penambahan jumlah pasien positif corona yang dinyatakan meninggal.

Sehingga jumlah kasus meninggal di Bali sebanyak 2 orang. Adapun hingga kini terdapat 10 pasien telah dinyatakan sembuh. Secara keseluruhan, kasus corona di Indonesia per Jumat (3/4/2020) menjadi 1.986 kasus yang terkonfirmasi positif.

Jumlah kasus positif corona tersebut bertambah sebanyak 196 kasus dari hari sebelumnya. Untuk pasien yang dinyatakan sembuh juga bertambah kini menjadi 134 orang. Sementara itu hingga saat ini jumlah pasien meninggal dunia berjumlah 181 orang.

Terdapat 32 provinsi yang ditemukan kasus positif terinfeksi virus corona. DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan jumlah kasus terbanyak yaitu 971 kasus dinyatakan positif. Kemudian dinyatakan sembuh 52 kasus dan meninggal dunia 90 kasus.

Dikutip dari , Pemerintah Indonesia memastikan, kesiapan Rumah Sakit Darurat Covid 19 Pulau Galang telah mencapai 96 persen. Menurut Laporan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono, RS tersebut akan siap beroperasi pada selasa (6/4/20). "Kesiapannya mencapai 96 persen. Diharapkan tanggal 6 April 2020 sudah siap," ungkapnya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid 19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Menurut laporan, RS Pulau Galang merupakan gabungan renovasi dari eks penampungan pengungsi Vietnam. Bangunan baru tersebut akan memiliki gedung obsservasi yang menampung 200 tempat tidur dan gedung observasi 1 menampung 50 tempat tidur. Kemudian ada beberapa gedung lain yang memiliki total daya tampung hingga 460 pasien.

RS ini juga dilengkapi fasilitas Helipad untuk darurat melalui udara. Terdapat juga dermaga yang mendukung kesiapan pelayanan pasien dan lainnya yang melalui jalur laut. Jarak yang ditempuh dari Kota Batam adalah kurang lebih 30 menit perjalanan melalui darat.

RS Pulau Galang akan digunakan bagi pasien dengan kategori ringan dan sedang khususnya bagi para migran dari luar negeri. Selain itu, RS Pulau Galang juga dapat digunakan bagi masyarakat apabila layanan kesehatan atau RS di wilayahnya tidak mampu menampung pasien.

Written by

admin

278   Posts

View All Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *