Thu. Sep 24th, 2020

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington, Selandia Baru menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke 75 RI, Senin (17/8/2020). Sekitar 100 peserta termasuk warga negara Indonesia (WNI) di Selandia Baru mengikuti upacara tersebut. "Sesuai dengan aturan Level 2, pembatasan untuk 100 peserta yang mengikuti jalanya acara dengan menggunakan masker, jaga jarak, dan melakukan contact tracing," kata Budi S Putra, staf lokal KBRI Wellington dalam keterangannya.

Budi mengatakan cuaca begitu cerah saat berlangsungnya upacara dan tidak berangin membuat para peserta menjalani upacara dengan begitu khidmat dan khusyuk. Selama 25 tahun mengabdi di KBRI Wellington, Budi mengatakan tidak pernah merasakan cuaca yang mendukung saat pelaksanaan upacara seperti saat ini. "Baru kali ini selama 25 tahun upacara bendera dapat dilaksanakan dibawah siraman matahari. Biasanya dingin dan berakhir karena Agustus di Selandia Baru masih musim dingin" katanya.

Dubes RI untuk Selandia Baru, Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya selaku Inspektur Upacara, memimpin jalannya upacara. Peringatan HUT RI diawali dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih di halaman parkir Kedutaan. Selanjutnya, KBRI Wellington menyelenggarakan syukuran HUT RI ke 75 dengan juga mengikuti protokol ketat pemerintahan Selandia Baru di masa Pandemi Covid 19 ini.

Upacara dan Tasyakuran HUT ke 75 RI disiarkan langsung melalui kanal Youtube KBRI Wellington untuk memfasilitasi warga Negara Indonesia yang tidak dapat hadir karena aturan batas kumpul. Tantowi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi kepada masyarakat Indonesia yang datang dari Wellington dan kota kota lain yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri kegiatan di hari kerja dan di tengah pandemi Covid 19. Di samping dihadiri warga, peringatan kali ini juga dihadiri oleh perwakilan dari masyarakat Selandia Baru dan juga penduduk asli, Maori.

"Perayaan HUT Kemerdekaan ini juga dijadikan momentum untuk mempererat persahabatan," kata Tantowi. KBRI Wellington merupakan salah satu dari sedikit perwakilan RI di Luar Negeri yang bisa melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ditengah kondisi pandemi. "Peringatan HUT RI kali ini meski sederhana namun tetap terasa istimewa, diantaranya dengan kehadiran gapura di pintu halaman parkir KBRI," kata Tantowi.

Tantowi mengatakan kehadiran gapura yang menarik perhatian warga sekitarnya ini mengingatkan suasana perayaan 17 Agustus di tanah air.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *