830 WNI dari Malaysia dan Arab Saudi Tidak Ada yang Terinfeksi Virus Corona

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno Hatta, Tangerang melakukan protokol kesehatan dan pemeriksaan kesehatan terhadap 830 WNI. Diketahui, mereka telah datang dari Malaysia dan Arab Saudi ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta. Mereka telah mendarat pada hari Kamis (9/4/2020) dan Jumat (10/4/2020) dini hari dan langsung diperiksa secara ketat.

Hal ini dilakukan untuk deteksi dini Covid 19 terhadapWNIyang datang dari negara yang terjangkit Covid 19. Kepala KKP Kelas IBandaraSoekarno Hatta, Dr Anas Maruf menjelaskan, pemeriksaan kesehatan tambahan sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan. "Pemeriksaan kesehatan tambahan tersebut meliputi, pertama adalah wawancara dan penyelidikan epidemologi," kata dia saat dikonfirmasi, Senin (13/4/2020).

"Kedua dilakukan pengamatan pada gejala dan yang ketiga dilakukan test saturasi oksigen," sambungnya. Tak hanya itu, petugas juga melakukan pemeriksaan tambahan lainnya menggunakan Rapid Test untuk deteksi dini Covid 19. "Mereka yang kita lihat agak sakit atau batuk, kita lakukan pemeriksaan test cepat menggunakan Rapid Test secara selektif atau random," terang Anas.

Kendati demikian, KKP Kelas IBandaraSoekarno Hattatidak menemukanWNIyang terpapar atau suspek Covid 19. "Dari dua penerbangan dariMalaysiadan satu penerbangan dariArabSaudidilakukan pemeriksaan hasilya negatif. Tidak ada yang mengarah ke Covid 19," papar Anas. Ia menjelaskan, Clearance dari KKP tersebut merupakan surat keterangan yang nantinya dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kota atau Kabupaten asalWNIitu.

"Begitu mereka sampai di kampung halaman, harus melapor ke Puskesmas setempat dan karantina secara mandiri selama 14 hari di rumah masing masing," tutur Anas. Sebagai informasi, sebanyak 830WNItersebut tiba di Tanah Air pada Kamis (9/4/2020) menggunakan 3 penerbangan. Dengan rincian 253 orang menggunakan pesawatMalaysiaAirlines MH 711 tiba pukul 11.00 WIB, kemudian 260 orang menggunakanMalaysiaAirlines MH 723 tiba pukul 17.05 WIB.

Sementara, sebanyak 317 orang dariArabSaudimenggunakan pesawat Saudia Airlines SV 818 yang tiba pukul 01.15 WIB pada Jumat (10/4/2020) dini hari.

Written by

admin

278   Posts

View All Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *