Fri. Dec 4th, 2020

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengerahkan prajurit di Mabes AD untuk mendonorkan darah guna memenuhi stok darah di RSPAD. Dalam teleconference berkala dengan RSPAD, KSAD mendapat laporan bila ketersediaan stok darah di RSPAD menipis. “Setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, Bapak KSAD selalu menanyakan stok darah di RSPAD. Kami sampaikan Senin lalu, stok darah di RSPAD menipis, sehingga Bapak Kasad memberikan arahan untuk melakukan donor darah hari ini,” kata Kasubinstal Patologi Klinik RSPAD dr Martina Lily Yana dilansir dari akun youtube TNI AD yang diunggah Selasa (23/6/2020).

Menurut dr Lily, ketersediaan darah di RSPAD menipis di masa pandemi Covid 19. Hal tersebut dikarenakan pihaknya sudah jarang mendapatkan pendonor yang datang langsung ke RSPAD. Guna menjaga stok darah, tim RSPAD harus aktif mencari pendonor.

Untuk menjadi seorang pendonor, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, yakni tensi darah harus normal, tidak tinggi atau rendah serta kadar HB 12,5 hingga 17. Kemudian pendonor juga tidak dalam keadaan demam dan tidak ada penyakit bawaan atau comorbid. Ia berharap kegiatan tersebut dapat berlangsung setiap tiga bulan sekali, tak hanya di Mabes AD, tapi juga di satuan lainnya.

Tak hanya para prajurit di Mabes AD, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana beserta jajaran juga turut dalam kegiatan donor darah. Selain itu, Persit KCK juga melakukan kegiatan penyerahan bantuan masker kepada Babinsa wilayah Kodim Jakarta. Sebanyak 750 masker batik dari Yayasan Batik Indonesia tersebut akan di distribusikan ke masyarakat sekitar Jakarta.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *