Riza Terpilih Wagub DKI, Ketua DPRD: Dia Tahu RPJMD dan Menguasai Visi-misi

Ahmad Riza Patria terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menilai Riza memahami program Gubernur Anies Baswedan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2017 2022. "Dia tahu RPJMD, dalam visi misi kemarin dia menguasai," kata Prasetio saat dikonfirmasi, Selasa (7/4/2020).

Riza juga disebut punya segudang pengalaman mumpuni yang berkaitan dengan pemerintahan. Seperti diketahui Riza Patria pernah menjabat Ketua DPP KNPI periode 1999 2002 dan periode 2002 2005. Pada tahun 2005 Riza juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi II KPUD DKI Jakarta.

Berlanjut, Riza turut mencicipi kursi empuk DPR RI dan menjabat Wakil Ketua Komisi II DPR RI 2014 2019. Periode berikutnya ia kembali terpilih sebagai anggota parlemen Senayan dan menduduki kursi Wakil Ketua Komisi V DPR RI 2019 2024. Dalam kepengurusan partai, Riza merupakan Ketua DPP Gerindra dan salah satu dari lima juru bicara resmi Partai Gerindra.

"Kalau saya lihat dari karir politiknya, dia pernah di KNPI, anggota DPR RI dua periode, itu dia sudah banyak pengalaman pemerintahan. Dia juga pernah di KPU," ungkap Prasetio. Prasetio berharap dengan pengalaman Riza tersebut bisa jadi modal baginya untuk membantu pekerjaan Gubernur Anies Baswedan. Persoalan yang paling dekat yakni menuntaskan wabah virus corona di Jakarta.

"Bisa membantu kinerja pak Gubernur, karena kalau Gubernur memutuskan sesuatu sendiri, kasihan juga. Ini berat, masalah wabah Covid 19, karena paling besar di Jakarta," pungkas dia. Diketahui, Ahmad Riza Patria terpilih jadi wakil gubernur DKI Jakarta. Politikus asal Gerindra itu unggul telak dari kompetitornya, Cawagub PKS Nurmansjah Lubis.

Dari total 100 hak suara, Riza menang dengan perolehan 81 suara berbanding 17 milik Nurmansjah. Sedangkan suara tidak sah sebanyak dua (2) suara, dengan jumlah suara sah 98 suara. Voting suara pemilihan wagub DKI itu berlangsung tertutup di ruang rapat paripurna Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/4/2020).

Hanya, Pemprov DKI menyiarkan jalannya acara secara live streaming dari kanal Youtube mereka.

Written by

admin

278   Posts

View All Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *