Mon. Sep 21st, 2020

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara pelantikan 323 Perwira lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut Angkatan ke 49 TA 2019 di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal Surabaya pada Jumat (17/7/2020). Dalam upacara tersebut Yudo mengatakan para Perwira dituntut untuk bertindak dan berpegang teguh kepada kode etik Perwira TNI yaitu Budi Bhakti Wira Utama. Yudo menjelaskan hal tersebut dilaksanakan dengan perubahan pola pikir (mindset), pola sikap (attitude), dan pola tindak (action) yang mencerminkan sikap serta postur sebagai seorang Perwira TNI Angkatan Laut.

Ia mengatakan status strata keperwiraan tidak hanya terlihat dari pangkat namun juga dari karakter serta tindakan keseharian. “Perubahan strata kalian dari Bintara menjadi Perwira akan diikuti dengan konsekuensi tuntutan peningkatan profesionalisme yang sesuai dengan bidang masing masing, jiwa pengabdian yang tanpa pamrih, serta tingkat moralitas yang semakin baik, sebagaimana tergambar dalam ikrar serta sumpah yang telah kalian ucapkan bersama," kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut pada Jumat (17/7/2020). Menurut Yudo momen tersebut bukanlah akhir dari proses pengembangan diri, melainkan momen awal untuk terus mengembangkan diri guna mencapai kapasitas optimal sebagai seorang Perwira.

“Gali terus potensi kalian, jangan membatasi diri dengan paradigma lama namun wujudkan dalam tindakan nyata untuk membuka semua kemungkinan serta potensi yang dapat kalian raih. Ada cakrawala baru di depan kalian yang menunggu untuk dijelajahi," kata Yudo kepada para perwira tersebut. Para Perwira yang kini resmi menyandang pangkat Letnan Dua tersebut terdiri dari 54 orang Korps Pelaut, 46 orang Korps Teknik, 33 orang Korps Elektronika, 50 orang Korps Suplai, 86 orang Korps Marinir, 20 orang Korps Khusus, 18 orang Korps Kesehatan dan 16 orang Korps Polisi Militer. Dari 323 Pama tersebut. Sebanyak 306 orang di antaranya adalah pria, dan 17 orang lainnya adalah Korps Wanita TNI AL (Kowal) yang pada umumnya sudah berkeluarga. Mereka selanjutnya akan ditugaskan di satuan kerja TNI AL yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berhak menyandang lulusan terbaik masing masing Korps dan mendapat piagam penghargaan antara lain Korps Pelaut Letda Laut (P) Ihlas, Korps Teknik Letda Laut (T) Muhamad Iqbal, Korps Elektronika Letda Laut (E) Muammar Qadafi, Korps Suplai Letda Laut (S) Hajar Aswad, Korps Marinir Letda Mar Riski Umar Tampubolon, Korps Khusus Letda Laut (KH) Joko Ribut, Korps Kesehatan Letda Laut (K) M Amin Mudhar, dan Korps Polisi Militer Letda Laut (PM) Wartono. Lulusan terbaik Diktukpa ke 49 kali iniBdiraih oleh Letda Mar Riski Umar Tampubolon sebagai perwakilan penyematan pangkat Letnan Dua (Letda) dan sekaligus berhak atas medali “Jala Wira Adhiguna” yang bermakna Perwira Laut yang Perkasa dan Berguna. Medali tersebut merupakan medali penghargaan bagi siswa lulusan terbaik serta lambang supremasi tertinggi yang diimpikan dan diperebutkan para siswa Diktukpa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Pejabat Utama Mabesal, para Pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas jajaran Mabesal dan para undangan lainnya.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *