Peringatan Dini BMKG Sabtu, 9 Mei 2020: Waspada 7 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. Informasi peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku untuk Sabtu, 9 Mei 2020. BMKG melalui laman resmi , memprediksi terdapat 7 wilayah berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Hal ini terjadi karenadaerah tekanan rendah yang merupakan bibit siklon tropis 96S terpantau di Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu dengan arah pergerakan ke Barat Barat Daya. Potensi menjadi siklon tropis terpantau dalam 24 jam ke depan rendah. Bibit siklon tropis 90B terpantau di Perairan Utara Aceh dengan arah pergerakan ke arah Barat Laut dan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan rendah.

Bibit siklon tropis 95W terpantau di Samudera Pasifik Utara Papua dengan arah pergerakan ke arah Barat Laut dan potensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan rendah. Sistem sistem tersebut memberikan dampak tidak langsung berupa konvergensi yang memanjang dari Perairan Barat Sumatera Utara hingga Sumatera Barat, dari Perairan Barat Bengkulu hingga Samudera Hindia Barat Lampung, dan dari Laut Andaman hingga Perairan Utara Aceh. Sistem ini juga menginduksi kecepatan angin di sekitarnya (low level jet) yang meningkat hingga terpantau mencapai >25 knot yaitu di Samudera Hindia Barat Aceh dan Barat Daya Banten serta di Samudera Pasifik Utara Papua.

Hal ini sangat mempengaruhi peningkatan ketinggian gelombang di wilayah tersebut. Sulawesi Tengah (Waspada) Sulawesi Selatan (Waspada)

Sulawesi Barat (Waspada) SulawesiTenggara(Waspada) Maluku (Waspada)

Papua (Waspada)

Written by

admin

278   Posts

View All Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *