Mon. Nov 30th, 2020

Ririn Ekawati diamankan oleh polisi bersama sang asisten, ITY dan seorang temannya berinisial DN pada Sabtu (7/3/2020). Ketiganya ditangkap di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan sekira pukul 23.00 WIB. Ririn dibawa ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Lido, Bogor, Jawa Barat, untuk menjalani pemeriksaan rambut dan darah.

Padahal, lewat tes urine sebelumnya, Ririn dinyatakan negatif dan tidak terbukti menggunakan narkoba. "Supaya pemeriksaan ini, kami lakukan ini secara transparan," kata Ronaldo dalam konferensi pers di Polres Jakarta Barat, Senin (9/3/2020). Sebelumnya, Ronaldo menerima keterangan dari asisten Ririn, ITY, yang juga ditangkap bersama Ririn.

ITYmenyebut Ririn telah mengonsumsi setengah butir happy five sisa miliknya. "Dari salah satu keterangan ITY bahwa setengah butir dari yang digunakan (ITY) diberikan ke Saudari RE, tapi dari urine negatif. Mungkin terlalu kecil, jadi untuk memastikan apa benar saudari RE pakai atau tidak, makanya kami uji lagi," ucap Ronaldo. Dari keterangan sementara, polisi mengetahui Ririn mengonsumsi setengah butir sisa milik ITY beberapa hari sebelum tertangkap pada Sabtu (7/3/2020).

"Dua tiga hari sebelum diamankan," kata Ronaldo. Kata Ronaldo, saat itu ITY menawarkan setengah butir tersebut kepada Ririn. Polisi pun belum dapat memastikan apakah Ririn mengetahui pil tersebut merupakan barang haram.

"Masih dalam pengembangan," tutur Ronaldo. Sementara itu, sejak awal Ririn membantah menggunakan pil happy five . "Ini masih kita dalami kalau dalam pengakuan RE mengaku tidak menggunakan," ujar Ronaldo.(Kompas.com/Baharudin Al Farisi).

Sebelumnya, pihak kepolisian telah melakukan pemeriksaan terhadap Ririn Ekawati. Ririn Ekawati pun dinyatakan negatif memakai narkoba. "Ya (negatifnarkoba)," kata Ronaldo Siregar.

Namun, polisidisebut masihmenindaklanjuti pemeriksaan tersebut. "Tapikan kita masih lanjuti terus proses pemeriksaannya. Salah satu indikator itu pengguna atau tidak dari cek urine kan,"lanjut Ronaldo.

Menurut keterangan polisi, Ririn Ekawati diamankan bersama 2 orang lainnya yang berinisial ITY dan DN. Asisten dari Ririn Ekawati berinisial ITY dipastikan positif memakai narkoba. Sedangkan, DN belum dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Polisi juga telah mengamankan barang bukti berupa pil H5 (Happy five) sebanyak lebih dari 30 butir. "RE setelah dilakukan tes awal itu negatif menggunakan obat atau terkait barang bukti yang kita amankan itu sekitar 30 butir lebih. Ada pil H5 yang diamankan bersama 3 orang ini," kata Audie seperti dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube Cumicumi, Senin (9/3/2020). "Si RE itu memang negatif, setelah kita lakukan pemeriksaan terhadap temennya ITY yang kedapatan positif menggunakan H5," sambungnya.

Sementara itu, ITY mengungkapkan bahwa Ririn Ekawati juga menggunakan obat tersebut. Namun, Ririn Ekawati dinyatakan negatif lantaran dirinya disebut menggunakan obat itu beberapa hari sebelum ditangkap. Alhasil, pemeriksaan awal menyebut bahwa kakak Rini Yulianti itu negatif memakai narkoba.

"ITY menyebutkan dia juga memberikan kepada RE. Jadi dalam pemeriksaan BAP, RE juga menggunakan," ungkap Audie. "Mungkin karena dia menggunakan beberapa hari sebelumnya, sehingga pemeriksaan awal melalui tes urine itu tidak didapati kandungan obat yang jadi barang bukti tersebut," pungkasnya.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *