Mon. Nov 30th, 2020

Formula 1(F1) menyatakan bakal memulai kejuaraan musim 2020 pada bulan Juli.MotoGP2020 berpeluang melakukan hal yang sama. Ajang balap mobilF1 2020menemui titik terang setelah mengalami jeda turnamen yang panjang akibat pandemi virus corona. CEOFormula 1, Chase Carey, telah berani mengatakan bahwa balapan musim ini akan dimulai pada 5 Juli 2020 di Red Bull Ring, Austria.

"Kami akan start di Eropa pada Juli dan membalap di sana pada Agustus dan awal September," ucap Carey. "September, Oktober, dan November kami berlomba di Eurasia, Asia dan Amerika, kemudian mengakhiri musim pada Desember di Bahrain dan Abu Dhabi." Carey sendiri enggan membeberkan lebih banyak petunjuk soal kalender F1 2020 yang baru. Meski begitu, dia percaya diri akan ada 15 18 musim ini.

Balapan pembuka F1 2020 di Austria sendiri akan berlangsung secara tertutup. Selain itu ada wacana untuk menggelar dua balapan di tempat yang sama. MenurutBild, tiga sirkuit yang menjadi calon tuan rumah untuk awal musim F1 2020 adalah Red Bull Ring, Silverstone, (Inggris) dan Hungaroring (Hungaria). Dengan wacana satu sirkuit dipakai lebih dari satu kali, diperkirakan akan ada enam balapan dalam rentang waktu dua bulan pertama di F1 2020.

Lantas, bagaimana dengan MotoGP 2020. Sama seperti F1, ajang balap motor terpopuler itu juga bisa dibuka di sirkuit yang sama yaitu Red Bull Ring. Bedanya, apabila F1 GP Austria bakal digelar pada awal Juli, MotoGP Austria kemungkinan akan dilangsungkan sebulan berselang atau pada Agustus. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengatakan bahwa menggelar balapan MotoGP pada Agustus adalah skenario terbaik yang dimilikinya saat ini.

"Skenario pertama adalah membuka kejuaraan pada akhir Juli dengan balapan balapan yang sudah ditunda," tutur Ezpleta, dikutip dariAS. "Jika tidak, kita bisa memulainya pada Agustus di Brno dan Austria, kemudian mengikuti jadwal yang belum dirilis sejauh ini dan menggelar balapan hingga akhir November." Jika F1 berharap bisa menggelar 15 18 balapan pada musim ini, Ezpeleta menargetkan 12 13 balapan di MotoGP jika dimulai pada Agustus nanti.

Dorna juga menyiapkan rencana untuk balapan secara tertutup di MotoGP. Pembatasan anggota kru bagi setiap tim menjadi bagian dari persiapan tersebut. Kini, masalah yang tersisa bagi F1 dan MotoGP adalah mencari negara mana yang bersedia membuka wilayah mereka untuk balapan. Bicara soal Austria yang berpotensi menjadi tuan rumah seri pembuka, mereka secara bertahap melonggarkan pembatasan wilayah (lockdown) pada April hingga Mei.

Dilansir dariSpeedweek, fasilitas perhotelan yang akan menjadi salah satu sarana vital dalam balapan rencananya akan kembali dibuka pada 29 Mei mendatang. Negara negara Eropa lain juga mulai mengurangi aturan perihal pencegahan wabah covid 19. Meski demikian, kegiatan publik dengan jumlah massa besar masih dilarang.

admin

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *